Tentang JMI


Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Subang


Jurusan Manajemen Informatika adalah jurusan yang melakukan  pemanfaatan dan pemeliharaan atas sumber daya  secara efektif untuk bidang informasi demi mewujudkan tujuan yang telah ditentukan agar dapat memperoleh hasil yang diharapkan secara maksimal

 

Pada tahun 2030 menjadi salah satu Program Studi terbaik di Bidang Manajemen Informatika secara nasional untuk mendukung perkembangan industri

  1. 1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berkualitas dengan peningkatan berkelanjutan yang relevan dengan kebutuhan pemangku kepentingan dalam bidang sistem informasi
  2. 2. Mengembangkan penelitian terapan di bidang sistem informasi
  3. 3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dibidang sistem informasi untuk meningkatkan sumber daya dan kesejahteraan masyarakat
  4. 4. Mengembangkan kerjasama dengan industri, asosiasi, dan institusi, guna menghasilkan mutu lulusan dan sumber daya manusia yang profesional, berjiwa wirausaha dan berkarakter
  1. 1. Menghasilkan tenaga profesional di bidang manajemen informatika yang memiliki sikap dan kemampuan sebagai berikut :
    a. Beradaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi
    b. Berfikir kreatif, analitis dan sistematis
    c. Berwirausaha
    d. Bermoral
    e. Disiplin
  2. 2. Menghasilkan penelitian terapan yang inovatif di bidang manajemen informatika.
  3. 3. Menghasilkan pengabdian masyarakat yang berkualitas untuk meningkatkan kompetensi masyarakat.
  4. 4. Menghasilkan hubungan kerja sama  yang saling menguntungkan dengan pihak industri, asosiasi dan institusi.

Politeknik Negeri Subang (POLSUB) sebagai salah satu dari 43 Politeknik Negeri di Indonesia,  memiliki peran yang cukup strategis dalam pembangunan nasional, untuk menghasilkan lulusan siap pakai sesuai dengan bidang keahliannya.  Dalam upaya mewujudkan peran tersebut, sejak awal POLSUB telah melaksanakan program pendidikan vokasi yang dahulu disebut sebagai jalur pendidikan profesional. Pada pendidikan vokasi, porsi peningkatan keterampilan dalam bentuk kegiatan praktik dan praktikum menempati porsi lebih tinggi dibanding kegiatan perkuliahan di dalam kelas.  Untuk mewujudkan peran tersebut, berbagai upaya pengembangan juga telah dilakukan untuk membenahi pelaksanaan proses pembelajaran yang lebih baik. Pelaksanaan program pengembangan dilakukan secara bertahap.

Politeknik Negeri Subang (POLSUB) merupakan perguruan tinggi negeri baru yang rencana proses pendiriannya dimulai melalui nota kesepakatan (MOU) antara Pemerintah Kabupaten Subang dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud pada tahun 2011. Pada tanggal 2 April 2014 Politeknik Negeri Subang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara. Setelah peresmian tersebut, diangkat Direktur pertama POLSUB melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no. 112/MPK.A4/KP/2014, tertanggal 24 April 2014.

Saat itu belum ada sama sekali gedung serta fasilitas kampus, sehingga Pemkab Subang sesuai MOU meminjamkan gedung kelas sementara untuk Politeknik Negeri Subang yang berada di SMA PGRI 2 dan SMA Langlang Buana yang sampai saat ini masih digunakan untuk menjalankan perkuliahan. Disamping itu Pemkab Subang juga meminjamkan rumah dinas Ketua DPRD Kabupaten Subang sebagai kantor Direktorat sementara. Dengan bertambahnya kegiatan, karyawan, serta dosen, maka sejak akhir tahun 2015 kantor Rektorat Politeknik Negeri Subang resmi berpindah dari rumah Dinas Ketua DPRD Kab. Subang ke Gedung Islamic Center yang berada di jalan Arief Rahman Hakim nomor 8 sampai saat ini.

POLSUB yang pada awalnya belum memiliki sumber daya manusia sama sekali, banyak mendapat bantuan teknis dari Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) dan Politeknik Negeri Manufaktur Bandung (POLMAN). Dengan bantuan teknis dari kedua Politeknik Negeri tersebut, maka secara perlahan POLSUB mulai dapat berjalan. Di tahun 2015 dilakukan MoU dan Perjanjian Kerja Sama dengan beberapa lembaga pemerintah, yaitu dengan Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna LIPI  dan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Subang, guna membantu proses perkuliahan dan praktik mahasiswa.

Politeknik Negeri Subang memiliki tiga Jurusan yaitu Managemen Informatika (MI), Agroindustri (AI), dan Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin (TPPM). Pendirian Politeknik Negeri Subang ini dilandasi dengan konsep dasar yang sesuai dan berorientasi pada potensi pengembangan kawasan di Kabupaten Subang. Konsep inti adalah untuk mempercepat pembangunan pada daerah yang baru tumbuh untuk mendukung pertumbuhan industri maupun pada daerah yang telah berkembang untuk mempercepat pengembangan industri secara global di wilayah Indonesia.

STRUKTUR ORGANISASI JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA

 

A. Manajemen Jurusan Periode 2021-2024
1 Ketua Jurusan Nunu Nugraha P., S.Pd., M.Kom.
2 Sekretaris Tri Herdiawan A., S.ST., M.T.
B. Program Studi
1 Ka. Prodi D-III Sistem Informasi Nunu Nugraha P., S.Pd., M.Kom.
C. Kelompok Bidang Keahlian (KBK)
1 Ka. KBK Sistem Informasi dan Database Mohammad Iqbal, S.Kom, M.T.
2 Ka. KBK Teknologi Informasi & Rekayasa Perangkat Lunak Slamet Rahayu, S.Pd., M.Pd
D. Laboratorium
1 Ka. Lab. Sistem Informasi Dwi Vernanda, S.T., M.Pd.
2 Ka. Lab. Manajemen Data dan Informasi Haryati, S.Pd., M.Pd.
3 Ka. Lab. Rekayasa Perangkat Lunak Mohammad Iqbal, S.Kom, M.T.
4 Ka. Lab. Komputer dan Jaringan Slamet Rahayu, S.Pd., M.Pd.
5 Ka. Lab. User Experience Rian Piarna, S.E., M.M.
E. Wali kelas Program Studi D-III Sistem Informasi
1 I A (Angkatan 2020) Dwi Vernanda, S.T., M.Pd.
2 I B (Angkatan 2020) Nunu Nugraha P., S.Pd., M.Kom.
3 II (Angkatan 2019) Haryati, S.Pd., M.Pd.
4 III (Angkatan 2018) Mohammad Iqbal, S.Kom, M.T.
F. Pembina Himpunan
Haryati, S.Pd., M.Pd.

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA

Tupoksi Organisasi Jurusan adalah menyelenggarakan kegiatan administrasi dan akademik tingkat Jurusan sesuai dengan bidang IPTEK yang fokus untuk dikembangkan.

Adapun TUPOKSI elemen-elemen organisasi Jurusan adalah sebagai berikut:

A. Ketua Jurusan :

  1. Menyusun rencana dan program kerja Jurusan.
  2. Membagi tugas kepada Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi, dan Kepala Laboratorium
  3. Mengkordinasikan Ketua Program Studi dan kepala Laboratorium agar terjalin kerja sama yang baik;
  4. Menilai prestasi kerja Dosen, Karyawan dan Teknisi di bidang akademik sebagai dasar pembinaan karier
  5. Menyelesaikan masalah-masalah akademik bagi mahasiswa
  6. Menyusun konsep petunjuk teknis dibidang Akademik khususnya penyelenggaraan kurikulum sebagai bahan masukan atasan;
  7. Menyusun laporan bagian berdasarkan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas;
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan

B. Sekretaris Jurusan:

  1. Membantu ketua jurusan menyusun rencana dan program kerja.
  2. Menyusun instrument pemantauan pelaksanaan proses belajar-mengajar berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Menyusun konsep rencana biaya operasional unit.
  4. Menyusun konsep prosedur pengajuan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen dan mahasiswa.
  5. Memberi layanan administrasi bagi dosen, mahasiswa dan pihak luar yang akan melakukan penelitian dan kegiatan akademik lainnya
  6. Membantu menyusun penilaian SWMP Dosen
  7. Membantu menyusun konsep laporan pelaksanaan kegiatan berdasarkan data dan informasi sebagai bahan masukan atasan
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

C. Ketua Program Studi:

  1. Menyusun rencana dan program kerja program studi
  2. Menyusun kurikulum, silabus, buku modul ajar, dan buku modul peraktik
  3. Membagi tugas pengajaran kepada dosen dan teknisi
  4. Mengevaluasi kegiatan akademik dosen dan mahasiswa
  5. Menyusun rencana pengembangan program studi serta pengembangan laboratorium sesuai dengan bidang keilmuan program studi
  6. Menyelesaikan masalah-masalah akademik bagi dosen dan mahasiswa
  7. Menyusun konsep petunjuk teknis dibidang Akademik khususnya penyelenggaraan kurikulum sebagai bahan masukan Atasan;
  8. Menyusun laporan bagian berdasarkan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan;

D. Kepala Laboratorium:

  1. Menyusun rencana dan program kerja laboratorium sebagai pedoman pelaksanaan tugas
  2. Menata uraian tugas teknisi dan petugas kebersihan sesuai dengan bidangnya
  3. Mengorganisasikan, mengkoordinasikan, dan mengevaluasi tugas tugas teknisi dan petugas kebersihan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  4. Menyusun dan memuat data kebutuhan alat dan bahan praktikum sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
  5. Menyusun jadwal praktikum laboratorium bersama Ka PS/jurusan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
  6. Menyusun jadwal teknisi pembantu praktikum sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
  7. Memonitor dan mengevaluasi jalannya pelaksanaan praktikum berdasarkan prosedur untuk mengetahui mutu hasil praktikum.
  8. Menata kegiatan administrasi sesuai dengan prosedur untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  9. Menyusun prosedur standard operasional (SOP) pelayan praktikum laboratorium sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  10. Mengajukan usulan pemeliharaan peralatan dan fasilitas laboratorium untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  11. Membantu program kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen yang sudah disetujui.
  12. Membantu kegiatan tugas akhir mahasiswa.
  13. Mengatur kegiatan usaha dan jasa produksi untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  14. Melakukan pembinaan kepada pegawai dilingkungan laboratorium untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  15. Membuat laporan tengah tahunan sesuai dengan hasil yang dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas.
  16. Mengatur pelaksanaan kompensasi mahasiswa di Laboratorium
  17. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.

D. Dosen:

  1. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  2. Merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran;
  3. Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan selajan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
  4. Bertindak obyektif dan tidak diskriminatif atas pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu atau latar belakang social ekonomi peserta didik dalam pembelajaran;
  5. Menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan, hukum dan kode etik serta nilai-nilai agama dan etika; dan
  6. Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.

E. Staff Jurusan:

  1. Menyusun rencana dan program kerja kegiatan administrasi jurusan.
  2. Membuat merencanakan dan melaporkan kebutuhan ATK dan fasilitas Jurusan.
  3. Membuat agenda kegiatan ketua dan sekretaris Jurusan
  4. Menerima dan mendistribusikan surat masuk dan keluar.
  5. Membuat dan mengecek rekap hasil yudisium tingkat Jurusan
  6. Mengkoordiansikan program kerja adm untuk kegiatan pelatihan/magang Jurusan.
  7. Membuat dan mengkoordinasikan pembuatan surat pengantar PKL
  8. Mengatur Pelaksanaan sidang tugas akhir
  9. Melaksanakan kegiatan pendaftaran ulang mahasiswa lama dan baru.
  10. Mengkoordinasikan dan menjaga soal-soal ujian dalam kondisi aman.
  11. Membantu pekerjaan administrasi dan dokumentasi yang berhubungan dengan kegiatan akademik Jurusan.
  12. Membantu pekerjaan administrasi dan dokumentasi dokumen-dokumen Jurusan.
  13. Membantu pengeloaan data base Jurusan.
  14. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan atasan.

F. Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP):

  1. Membantu pelaksanaan persiapan Laboratorium tiap semester dibawah petunjuk dan pengarahan Ketua Laboratorium;
  2. Mempersiapkan alat praktikum di Laboratorium masing-masing sesuai kebutuhan praktikum yang dikoordinasikan dengan Ketua Laboratorium;
  3. Membuat berita acara untuk setiap kerusakan/keurangan/kehilangan alat-alat praktikum dan melaporkan ke Ketua Laboratorium;
  4. Menjaga kebersihan Laboratorium;
  5. Mendampingi Dosen dan Asisten Dosen praktikum dalam membantu pelaksanaan praktikum;
  6. Merawat, menjaga dan menginventarisasi peralatan Laboratorium;
  7. Menyiapkan bahan dan peralatan yang dipakai praktikum;
  8. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan;
  9. Bertanggung jawab kepada atasan langsung.

G. Teknisi:

  1. Membantu pelaksanaan persiapan Laboratorium tiap semester dibawah petunjuk dan pengarahan Kepala Laboratorium;
  2. Mempersiapkan alat praktikum di Laboratorium masing-masing sesuai kebutuhan praktikum yang dikoordinasikan dengan Kepala Laboratorium;
  3. Membuat berita acara untuk setiap kerusakan/keurangan/kehilangan alat-alat praktikum dan melaporkan ke Kepala Laboratorium;
  4. Menjaga kebersihan Laboratorium;
  5. Mendampingi Dosen dan Asisten Dosen praktikum dalam membantu pelaksanaan praktikum;
  6. Merawat, menjaga dan menginventarisasi peralatan Laboratorium;
  7. Menyiapkan bahan dan peralatan yang dipakai praktikum;
  8. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan;
  9. Bertanggung jawab kepada atasan langsung.

 

1 Operator Aplikasi Komputer (Clerks)
  Mampu menggunakan aplikasi perangkat lunak perkantoran untuk mendukung kegiatan rutin kantor
  Mampu membuat algoritma yang akan digunakan dalam program
2 Teknisi Sistem Informasi (Spesialis)
  Mampu mengoperasikan perangkat lunak aplikasi Sistem Informasi untuk menyelesaikan masalah dan/atau pekerjaan di bidang teknologi informasi pada instansi pemerintah, perusahaan atau manufaktur berskala kecil, menengah dan besar/go public yang sesuai dengan standar dan prinsip-prinsip yang berlaku umum dan relevan dibidang teknologi informasi melalui proses penganalisaan data dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, akuntansi, keahlian interpersonal, dan komunikasi.
  Mampu mengimplementasikan rancangan basis data kedalam database
3 Desain Sistem Informasi (Desainer)
  Mampu mengidentifikasi penyebab masalah dan menemukan titik keputusan
Mengumpulkan dan menganalisis semua dokumen, file, formulir yang digunakan pada siste yang berjalan saat ini
Mampu menggambarkan proses bisnis dan mengevaluasi kekurangan pada sistem yang telah berjalan
Mampu melakukan pengujian blackbox dan whitebox
Merancang perbaikan untuk sistem yang baru
Mampu memberikan gambaran yang jelas untuk memenuhi kebutuhan user (pemakai sistem)
Mampu memberikan gambaran rancang bangun lengkap kepada programmer dan ahli teknik yang terlibat
Mampu merancang basis data yang diperlukan dalam pembangunan program
Mampu mengkodekan rancang bangun yang telah dibuat analisis kedalam bahasa pemrograman

Laboratorium Komputer Laboratorium Bahasa Aula Mesjid